Beranda > Muslim > ALARM KEMATIAN

ALARM KEMATIAN

Ffiuh..dua hari ini berturut kabar duka cita menyapa. Pertama pada hari Selasa dari pihak keluarga yang dipanggil-Nya dan kemudian pada hari berikutnya, yakni hari rabu, salah satu rekan kerja di Proyek, meninggal dunia untuk menghadap Sang Maha Kuasa, pemilik jiwa. Jadilah dua hari berturut-turut saya ikut melayat dan mengantarkan keduanya menuju ke tempat peristirahatan yang terakhir.

Kedua kejadian ini tidak urung menyebabkan suatu rasa duka yang mendalam namun yang tidak kalah signifikan adalah adanya pengingat yang kuat atau alarm pengingat bahwa suatu hari nanti kita pun akan seperti mereka. Di sholatkan untuk terakhir kali, kemudian diusung dalam keranda jenazah dan kemudian dikubur dan masuk ke liang lahat.

Seperti Firman Allah S.W.T berikut :

” Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami. ” ( Q.S. Al-Anbiyaa’ -35 )

Sehingga semestinya kita harus mengingat akan kematian dalam setiap detik nafas kehidupan kita , karena sesungguhnya kita toh akan mati juga.

Dan sesungguhnya dengan mengingat kematian akan mendatangkan banyak manfaat bagi kita. Yakni setiap apa yang kita lakukan akan kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Karena kita tidak pernah tahu, setelah aktivitas tadi, maut datang menjemput. Kemudian dengan mengingat kematian, kita akan selalu menjaga tingkah laku kita, setiap tindak tanduk, tutur kata, serta pandangan kita agar terhindar dari melakukan perbuatan dosa. Dan masih banyak hal positif lainnya.

Oleh sebab itu, mari kita selalu mengingat kematian, jangan jadikan harta, tahta dan segala macam melupakan kita dari tujuan kita sebenarnya, yakni beribadah kepada Allah, dan hidup kita ini akan mempunyai akhir berupa kematian.

Jadi, mari kita berlomba-lomba mengisi hidup  kita ini dengan amalan yang bermanfaat, memperbanyak ibadah, membantu sesama manusia yang kurang beruntung, mempelajari ilmu bermanfaat dan mengaplikasikan ilmu tersebut untuk membantu dan menyebarkan kebaikan untuk semua manusia dan bumi ini. Insya Allah. Dan semoga kita suatu hari nanti, dimatikan oleh Allah, Sang Pemilik Jiwa manusia dalam keadaan kematian yang baik, dimana iman Islam masih dalam jiwa ( Husnul Khotimah ). Amiin Yaa Robbanaa..

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: