Beranda > Muslim > HIDUP INI ADALAH PILIHAN, KAWAN..

HIDUP INI ADALAH PILIHAN, KAWAN..

Alhamdulillah, dengan berkat rahmat dan hidayah Allah, Sang Maha Pengasih dan Maha Kaya akan ilmu dan segalanya, kawanmu ini diberikan kesempatan dan rezeki berupa kesehatan untuk mengikuti suatu pelatihan mengenai menjadi pribadi Islam yang hebat dan luar biasa. Meskipun harus mengorbankan waktu yang cukup berharga untuk keluarga, karena pelatihan ini dilaksanakan pada hari minggu, yang biasanya saya usahakan secara maksimal untuk saya lewatkan bersama istri dan anak tersayang. Namun, dengan niat karena Allah, akhirnya sedikit pengorbanan ini berakhir dengan manis dengan tambahan motivasi yang melonjak drastis oleh motivator yang membuat Qalbu ini segar dan kembali berdenyut dengan detak islami penuh energi. Alhamdulillah.  Dan yang lebih menyenangkan lagi, refresh untuk otak dan qalbu ini, saya hanya dikenakan biaya yang sangat kecil dan sangat jomplang jika dengan sejumlah seminar atau pelatihan-pelatihan yang menawarkan refresh sejenis tapi dengan harga mencapai jutaan rupiah.

Masya Allah, saya jadi teringat hadits Rasulullah dan menjadi semakin yakin, bahwa jika kita berniat dan ingin berubah menjadi manusia yang lebih baik, maka jalan ke arah itu akan dipermudah oleh Allah. Dan sesuai dengan hadits tadi, bahwa jika Allah memberikan kebaikan kepada seseorang, maka jalannya adalah dengan memberikan kemudahan bagi seseorang itu untuk mudah memahami ilmu agama. Dan saya merasakan bahwa Allah menghendaki kebaikan kepada saya dan alhamdulillah, saya merasa lebih baik jika dibandingkan sebelumnya. Saya lebih mengerti tentang Islam, meski masih harus lebih banyak dan mendalam lagi mempelajarinya. Insya Allah.

Ok, kembali lagi ke Pelatihan tadi ya. Meski pelatihan dimulai agak molor, namun peserta tetap antusias. Namun, saya sebenarnya saya agak sedikit kecewa sebagai peserta karena saya merasa kecewa dengan rekan-rekan muda saya, yakni mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi Negeri terkemuka di Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok yang sama sekali antusiasme secara kuantitas tida terlihat. Peserta pelatihan hanya segelintir saja, padahal panitia sepertinya bekerja keras untuk mempromosikan acara ini. Padahal acara ini memang khusus untuk mahasiswa muslim Universitas terkemuka ini. Lho?? Kalau acara ini memang untuk mahasiswa saja, terus kok saya bisa ikut?? Jangan salah saya juga masih berstatus mahasiswa dan merupakan alumni dari Universitas terkemuka tersebut, jadi kehadirannya saya dalam pelatihan ini masih bisa dipertanggungjawabkanlah..he2. Jadi, Kesedihan itu lebih karena kenapa pemuda saat ada undangan atau acara yang bagus seperti ini reaksi dan antusiasme secara kualitas dan kuantitas begitu rendah, namun jika ada acara yang bersifat hura-hura, lebih cenderung untuk segera menghadirinya.

Oke..dengan mengikuti pelatihan ini, salah satu yang dapat saya ambil adalah bahwa hidup ini adalah sebuah pilihan. Kita yang menentukan dan tentu saja kita tidak boleh terlepas dari adanya kekuatan Alloh,bahwa tindakan kita hari ini akan menentukan akan jadi dan bagaimana kita di masa depan. Jika seseorang itu di masa muda masih senang berhura-hura, menunda untuk belajar agama, menunda atau malas untuk belajar ilmu yang bermanfaat, malas untuk menjadi manusia yang lebih baik, insya allah, ke depannya, dijamin masa depannya akan jauh dari kata memuaskan. Meskipun dia puas dari segi materi namun dia akan merasa gelisah dan resah serta tidak memuaskan dari segi rohani.

Dan hidup kita sekarang ini merupakan akumulasi dari kumpulan aktivitas kita baik yang berguna maupun tidak di masa lalu. Sehingga demi kebaikan dimasa depan, kita mesti menabung kebaikan di masa sekarang untuk menggapai kehidupan yang lebih baik di masa datang.Insya Allah.

Hmm, jadi dengan meningkatkan kualitas diri kita dengan mempelajari dan mendalami ilmu agama, memperbanyak ilmu yang bermanfaat serta menambah silaturrahmi serta sedekah juga memperbanyak sahabat yang baik yang selalu mengingatkan kita untuk selalu berada dijalan kebaikan. Insya Allah, kebaikan dan keuntungan di masa depan akan kita dapat. Insya Allah.

Ok kawan..Tetap istiqomah di jalan kebaikan..Perbanyak amal soleh..Ikhtiar, doa dan tawakkal.

Dengan kekuasaan-Nya maka impian cita dan harapan kita akan dikabulkan-Nya. Kun Fa yaa kun!!

 

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

