Beranda > Tips dan Trik > TIPS DAN TRIK BEKERJA SAMBIL KULIAH

TIPS DAN TRIK BEKERJA SAMBIL KULIAH

Memang dewasa ini, persaingan dalam dunia kerja khususnya dan kehidupan pada umumnya semakin meningkat, maka manusia yang cerdas mestinya berusaha untuk selalu meningkatkan kemampuan, baik dalam segi pengetahuan ( cenderung untuk keduniaan ) dan spiritual. Sehingga mestinya dalam hati dan jiwa setiap manusia hendaknya menanamkan sikap untuk selalu menyediakan kesempatan dalam hidupnya dengan umur yang terbatas ini, untuk terus bergerak mencari dan selalu menimba ilmu yang utama dan bermanfaat dalam hidupnya.

Namun terkadang dalam hidup, suatu harapan tidak selalu berjalan lancar seperti yang diinginkan. Terkadang keinginan untuk menimba ilmu setinggi-tingginya, terhalang oleh karena keadaan, seperti tidak adanya dana, atau waktu yang tidak ada, karena kesibukan bekerja.

Oleh karena itu, saya sebagai pelaku utama dari 2 kegiatan yang saya lakukan secara bersama-sama ini, saya ingin berbagi pengalaman bagaimana agar kedua aktivitas yang berharga ini bisa berjalan cukup lancar. Saya menuliskan tips ini sebagai tambahan untuk melakukan 2 aktivitas yang sangat penting ini dan alhamdulillah, sejauh ini cukup berhasil.  Meski tentu saja hasil yang diperoleh tidak sama jika dibandingkan kita menjalani hanya satu aktivitas saja ( dalam hal ini, nilai kuliah tentu saja tak maksimal ). Dimana, perlu teman-teman ketahui, bahwa tips ini adalah ditujukan kepada Karyawan atau pegawai swasta yang bekerja sampai sore hari / malam hari sedangkan kuliah berlangsung mulai ba’da dzuhur sampai menjelang maghrib. ( jam 13.30 – 18.00 ).

Nah, kita langsung saja ya, dimana tipsnya adalah :

1.Sebelum memulai aktivitas ini, anda mesti menguatkan hati anda, mengumpulkan semangat dan menetapkan keinginan anda ini karena anda harus menyadari, bahwa kedua aktivitas ini membutuhkan suatu fisik yang prima dan kemauan yang kuat. Dan yang utama adalah perbaiki niat anda, dan mantapkan niat anda melakukan kedua aktivitas ini karena mengharap ridlo Allah. sedangkan mengenai bonus yang diberikan karena berhasilnya anda dalam kuliah ini merupakan salah satu anugerah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

2.Kemudian, jika masih lajang, berkonsultasilah dan mohon doa restu dari kedua orang tua. Namun Jika anda sudah berkeluarga, maka konsultasikan langkah positif anda  ini pada isteri dan anak-anak. Berikan penjelasan kepada mereka bahwa waktu untuk mereka akan  sedikit berkurang akan tetapi berikan penjelasan bahwa ini demi suatu masa depan yang lebih cemerlang untuk keluarga. Insya allah.

3.Informasikan dan berikan pemahaman kepada pimpinan di kantor, bahwa anda sedang mengikuti kuliah. Dan yakinkan bahwa kuliah ini tidak mengganggu pekerjaan anda di kantor. Minta dan buatlah surat keterangan bekerja yang diketahui dan ditandatangani oleh pimpinan kantor anda.

4.Informasikan dan berikan pemahaman kepada dosen yang memberikan kuliah. Berikan surat keterangan bekerja yang telah anda copy sebanyak jumlah mata kuliah yang anda ikuti dan berikan kepada masing-masing dosen tersebut dan jangan lupa berikan 1 copy-an untuk bagian akademik atau kemahasiswaan.

5.Setelah semua itu beres, maka cari dan tulislah jadwal perkuliahan. Kemudian, tentukan mata kuliah prioritas dan non prioritas. Mata kuliah prioritas bukan berarti mata kuliah yang kita sukai, akan tetapi merupakan mata kuliah yang jumlah jam mata kulaihnya dalam 5 hari atau 6 hari kuliah paling sedikit. Misalnya dalam 5 hari hanya 2 kali pertemuan atau 1 kali saja. Maka prioritaskan untuk wajib menghadiri mata kuliah ini ( tentu saja dengan memperhatikan situasi dan kondisi di kantor ). Jika memang terkendala dengan aktivitas di kantor, usahakan untuk menghadirinya 1 kali saja. Sedangkan bagi kuliah yang non prioritas, yang merupakan kebalikan dari kuliah prioritas, dimana jumlah pertemuannya paling sering dalam 5 hari perkuliahan.  Maka anda bisa sedikit “bersantai”, dalam hal ini, lebih menfokuskan hari itu untuk bekerja. Karena mata kuliah non prioritas ini anda bisa mengganti ketidakhadiran anda di waktu yang lain. Jadi, dengan memprioritaskan mana mata kuliah yang harus anda hadiri sebanyak mungkin dan mana yang bisa anda hadiri sesekali saja, maka anda dapat menyusun jadwal perkuliahan anda sendiri yang bersahabat dengan jadwal anda bekerja.

6.Sebelum memulai aktivitas ini, anda mesti menguatkan hati anda, mengumpulkan semangat dan menetapkan keinginan anda ini karena anda harus menyadari sekali lagi, bahwa kedua aktivitas ini membutuhkan suatu fisik yang prima dan kemauan yang kuat. Karena merupakan rahasia umum, bahwa manusia adalah makhluk yang merupakan sarang dari salah dan lupa. Terkadang saking lupanya, manusia sampai melupakan asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan terlalu memaksakan diri sehingga tubuh sedikit beristiratahat. Jadi, setelah memulai kedua aktivitas ini, hendaknya anda mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan jika ada waktu untuk berisitirahat, maka manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk beristirahat. Dan jika ada waktu libur, atau akhir pekan maka usahakanlah untuk merefresh otak dan tubuh, dan juga jangan lupa untuk perbanyak waktu untuk keluarga dan luangkan juga sedikit waktu untuk silaturrahmi kepada sahabat serta bersosialisasi tetangga atau masyarakat sekitar.

7. Nah, ini adalah tip terakhir, tetapi sesungguhnya merupakan kunci utama dalam menghadirkan kesuksesan bagi kelancaran program kita akan kedua kativitas ini. Tips ini adalah memperbanyak doa kepada Allah, agar diberikan kemudahan dalam menyerap ilmu yang bermanfaat, dan kemudahan dalam menjalankan kedua aktivitas ini.Karena sesungguhnya hanya Allah sajalah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Insya Allah.

Demikianlah sejumlah tip yang bisa saya tuliskan di blog kesayanganku ini, dan tentu saja harapan saya adalah semoga saja tips saya ini bermanfaat bagi anda dalam mengejar impian dan cita-cita. Insya Allah.

Mulai dengan bismillah dan niat karena Allah, dan akhiri dengan alhamdulillah. Semoga Allah selalu menyertai dan memberikan rahmat dan petunjuk kepada kita. Amiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: