Beranda > Multivitamin Pengetahuan > KEHILANGAN BARANG BERHARGA? COBA AMALKAN INI..

KEHILANGAN BARANG BERHARGA? COBA AMALKAN INI..

Suatu kehilangan memang membuat hati terkadang sesak, apalagi jika anda kehilangan barang yang amat sangat berharga seperti perhiasan atau surat berharga. Namun, jika anda bersabar dan menyikapinya dengan bijak, insya allah kehilangan bisa saja merupakan suatu ujian yang diberikan Allah untuk kita. Atau Bisa saja itu merupakan suatu teguran bahwa kita kurang bersedeqah, kurang berhati-hati dalam  menyimpan sesuatu yang berharga.

Namun, dalam hidup ini Allah dengan sifatnya yang Maha Bijaksana menawarkan kepada kita untuk menyikapi hidup ini dengan iman, ikhtiar ( usaha ), doa dan tawakkal.

Nah, berhubungan dengan 4 hal ini, kita mesti memposisikan hati ini untuk selalu ikhlas dengan apa yang terjadi ( baca: kehilangan ). Kehilangan ini tetap kita sikapi dengan ikhlas dan menyadari bahwa setiap barang dan hal merupakan titipan dari Allah, Sang Maharaja Manusia. Termasuk kita dipinjamkan oleh-Nya, nyawa yang ada dalam raga kita ini.

Setelah jiwa dan hati kita tenteram, kita mesti memilih apakah kehilangan ini bisa kita ikhlaskan saja, dengan berkhusnudzon ( berbaik sangka ) kepada Allah bahwa Allah akan mengganti kehilangan kita ini dengan barang ataupun hal yang lebih baik dan bermanfaat untuk kita. Salah satu contoh, dan ini merupakan pengalaman saya pribadi, bahwa sebulan yang lalu saya kehilangan HP  saat mengajak istri dan anak saya jalan-jalan di sebuah Taman. Dengan amalan ikhlas ini, alhamdulillah setelah menunggu selama seminggu lebih, maklum karyawan kecil yang duitnya belum cukup untuk beli Hp baru, akhirnya Hp saya yang hilang itu kemudian diganti dengan sebuah HP yang lebih baru lagi, bahkan gratis lagi. Maklum dikasih pinjam sama seorang teman kantor yang baik hati. Walau belum kepemilikan penuh, tapi cukup mengobati kehilangan. Ketimbang tidak ada Hp sama sekali. Dan kemudian, sebulan kemudian ternyata istri dapat rizki, dan kali ini saya juga kebagian rizkinya dengan dibelikan sebuah HP yang selama ini saya dambakan. Nah betul kan? Begitulah balasan bagi orang yang sabar..he2..dan selalu berprasangka baik kepada Allah. Alhamdulillah, Allah memang Maha Pemurah.

Kemudian, jika anda memang merasakan bahwa kehilangan ini sangat mengganggu dan meresahkan hati anda. Ingatlah selalu bahwa Allah adalah sebaik-baiknya penolong. Dan lakukan amalan yang kedua ini, yaitu:

Doa yang bisa dilakukan oleh seseorang yang kehilangan sesuatu darinya adalah apa yang telah diriwayatkan oleh Abi Syaibah di dalam Mushannif nya dan Ath-Thabrani dari hadits Ibnu Umar yang maknanya adalah barangsiapa yang kehilangan sesuatu maka hendaklah dirinya berwudhu, shalat dua rakaat, tasyahhud lalu mengucapkan :

بِسمِ اللهِ يَا هَادِي الضَّلاَل وَرَادَّ الضَّالَّةِ اردُد عَلَيَّ ضَالَتِي بِعِزَّتِكَ وَسُلطَانِكَ فَإِنَّهَا مِن عَطَائِكَ وَفَضلِكَ

Bismillah Yaa Hadii adh Dhalal wa Roodda adh Dhaalah Urdud ‘alayya Dhalatiy bi ‘Izzatika wa Sulthanika Fa Innaha min Athaaika wa Fadhlika (Dengan nama Allah, Wahai Yang Menunjuki yang tersesat dan Yang Mengembalikan yang hilang (maka) kembalikanlah kepadaku (sesuatu) yang hilang (dari) ku dengan keagungan-Mu dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya ia (sesuatu) itu adalah pemberian-Mu dan karunia-Mu).”

Al Hakim mengatakan bahwa para perawinya adalah orang-orang yang bisa dipercaya (mautsuq) dari orang-orang Madinah dan tak satu pun dari mereka cacat. (Markaz al Fatwa No. 6815)

Nah, anda bisa memilih kedua amalan tadi, tergantung dari bagaimana menyikapi ujian yang diberikan. Insya allah dengan Iman,Doa, Ikhtiar, dan tawakkal serta ikhlas. Insya Allah, semua persoalan hidup akan bisa kita selesaikan.

Wallahu A’lam

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: