Beranda > Muslim > PUASA DAWUD SEBAGAI WUJUD TAQWA KEPADA ALLAH

PUASA DAWUD SEBAGAI WUJUD TAQWA KEPADA ALLAH

Puasa Dawud adalah puasa yang dilakukan oleh Nabi Dawud ‘Alaihissalaam yang merupakan wujud ketaqwaannya dan rasa syukur beliau terhadap segala nikmat yang telah diberikan kepadanya. Metode Puasa ini adalah dengan cara berpuasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya, dan tentu saja tidak dilakukan pada hari-hari yang tergolong haram untuk dilaksanakannya puasa ( hari tasyriq ).
Puasa ini mungkin memang merupakan suatu yang terdengar asing, Kemungkinan karena masyarakat di negara ini lebih familiar dengan puasa yang paling sering dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yakni puasa senin-kamis. Sehingga insya allah, artikel ini bertujuan untuk memberikan suatu informasi bahwa ada ibadah puasa sunnah yang lebih afdhol dari ibadah puasa sunnah yang lain dan puasa paling afdhal itu adalah Puasa Dawud ini.
Sesungguhnya puasa Dawud adalah puasa yang terbaik dari sisi syari’at dan fadlilah. Kenapa dia sebagai puasa terbaik? karena dari sisi syari’at, puasa ini adalah puasa terpanjang dan terlama yang ada dasar hukum dan memperoleh legalitas langsung dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Dan dikatakan sebagai puasa yang terbaik dari sisi fadlilahnya berdasarkan sabda-sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam sendiri ketika menjelaskan keutamaan puasa ini. Seperti hadits di bawah ini :

عَن ْ مُجَاهِدٍ قَالَ قَالَ لِى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو أَنْكَحَنِى أَبِى امْرَأَةً ذَاتَ حَسَبٍ فَكَانَ يَأْتِيهَا فَيَسْأَلُهَا عَنْ بَعْلِهَا فَقَالَتْ نِعْمَ الرَّجُلُ مِنْ رَجُلٍ لَمْ يَطَأْ لَنَا فِرَاشًا وَلَمْ يُفَتِّشْ لَنَا كَنَفًا مُنْذُ أَتَيْنَاهُ. فَذَكَرَ ذَلِكَ لِلنَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ « ائْتِنِى بِهِ ». فَأَتَيْتُهُ مَعَهُ فَقَالَ « كَيْفَ تَصُومُ ». قُلْتُ كُلَّ يَوْمٍ. قَالَ « صُمْ مِنْ كُلِّ جُمُعَةٍ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ ». قُلْتُ إِنِّى أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ. قَالَ « صُمْ يَوْمَيْنِ وَأَفْطِرْ يَوْمًا ». قَالَ إِنِّى أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ. قَالَ « صُمْ أَفْضَلَ الصِّيَامِ صِيَامَ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ صَوْمُ يَوْمٍ وَفِطْرُ يَوْمٍ

Diriwayatkan dari Mujahid bahwa dia berkata : “Abdullah bin Amru berkata kepadaku : “Ayahku menikahkanku dengan seorang perempuan dari keturunan yang baik”. Maka dia (Mujahid) datang kepada istrinya dan bertanya kepadanya tentang suaminya. Maka perempuan itu berkata : “Sebaik-baik laki-laki adalah seseorang yang tidak pernah menyentuh tempat tidur dan tidak pernah mencari jamban sejak dia datang kepada kami”. Maka diceritakanlah hal itu kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, maka dia berkata : “Datanglah bersama dengannya”. Maka saya datang bersama dengannya. Maka dia berkata : “Bagimanakah kamu berpuasa ?”. Maka aku berkata : “Setiap hari”. Maka dia berkata : “Puasalah tiga hari setiap minggu”. Aku berkata : “Aku mampu lebih dari itu”. Dia berkata : “Berpuasalah dua hari dan berbukalah satu hari”. Dia berkata : “Aku mampu lebih dari itu”. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berkata : “Berpuasalah dengan puasa yang terbaik, yaitu puasa Nabi Dawud ‘alaihis salam, yaitu puasa sehari dan berbuka satu hari”. (HR Nasa’I, IV/209, no. 2389. Al Albani berkata : “Shahih”).
Hadits ini tegas mengatakan bahwa puasa Dawud adalah puasa yang terbaik. Tidak ada yang lebih baik dari puasa jenis ini. Di samping hadits ini masih banyak hadits-hadits yang lain yang menyatakan bahwa puasa ini adalah puasa terbaik.
Selanjutnya, Puasa Dawud ini selain keutamaannya tadi, sesungguhnya juga menyimpan banyak manfaat terutama jika diamalkan oleh para pemuda-pemudi yang masih belum menikah. Dimana, seperti kita ketahui dengan berbagai macam acara televisi, media-media informasi seperti Internet, media sosialisasi seperti facebook dan lain-lain yang tidak jarang menampilkan dan menimbulkan efek negatif yang menghancurkan akhlak kaum pemuda-pemudi dengan gambar-gambar, video serta pesan yang menjurus kearah pornografi dan seks bebas. Dengan berpuasa, insya allah segala godaan syaitan itu bisa kita redam dengan selalu mengingat Allah karena otomatis dengan berpuasa, hati dan jiwa lebih tenteram serta insya allah selalu dijaga dari segala hal yang haram.
Dan tidak hanya pemuda-pemudi yang masih labil saja yang boleh berpuasa Dawud namun dianjurkan juga bagi mereka yang ingin sehat dalam kehidupannya baik dari segi lahiriah maupun batiniah. Sebagaimana kita ketahui, bahwa dengan berpuasa tubuh kita jauh lebih sehat, karena lambung sebagai organ yang mengolah makanan diberikan hari libur untuk bekerja berat. Sehingga dengan berpuasa membuat organ-organ tubuh kita lebih fresh dan mempunyai kesempatan untuk istirahat dan tentu saja itu membuat kita jauh lebih sehat. Mengenai keajaiban puasa ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan dokter ahli yang dengan penelitiannya menyimpulkan adanya korelasi positif antara berpuasa dengan kesehatan.
Dan masih banyak sekali keistimewaan yang diberikan oleh Allah kepada para pengamal ibadah sunnah ini yang tidak mungkin disebutkan satu-persatu dalam artikel ini. Namun, perlu diingat adalah dalam memulai amalan ini hendaknya untuk selalu meniatkan amal ibadah Puasa Dawud ini hanya untuk Allah semata. Sebagai wujud ketaqwaan kita sebagai makhluk ciptaan-Nya.
Nah, semoga saja artikel saya ini dapat memberikan pencerahan kepada saudara-saudaraku yang mungkin masih awam atau tidak tahu sama sekali akan Puasa Dawud ini dan semoga diberikan hidayah oleh Allah untuk mengamalkan Ibadah Puasa Dawud ini, dengan tentunya tidak mengurangi kadar kualitas ibadah wajib kita seperti sholat 5 waktu, Puasa Ramadhan dan ibadah wajib lainnya. Insya Allah.

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: