Beranda > Muslim > PUASA DAWUD : PUASA PALING AFDHOL!!

PUASA DAWUD : PUASA PALING AFDHOL!!

Tahukah saudara mengenai apa itu puasa Dawud?

Puasa Dawud adalah Puasa dimana sehari berpuasa, kemudian pada hari berikutnya kita tidak berpuasa. Pelaksanaannya tergantung kepada kemampuan para pengamal ibadah sunnah ini. Bisa dilakukan sesuai kemampuan, yakni satu tahun, 2 tahun, ataupun puluhan tahun. Bahkan bisa seumur hidup.

Nah, yang perlu diketahui, bahwa Puasa ini merupakan Puasa sunnah yang paling afdhol. Hmm, penasaran kan??

Jadi, apa yang menyebabkan puasa Dawud sebagai Puasa paling Afdhol? Keutamaan apa saja yang menyebabkan Puasa Dawud menjadi Ibadah Shaum paling top?!

Puasa Dawud adalah Puasa yang paling afdhol karena ditetapkan langsung oleh  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai bentuk puasa sunnah yang paling afdhal, sebagaimana yang disabdakan beliau Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam kepada Abdullah bin Amru radhiallahu ‘anhu tatkala ia merasa mampu untuk melakukan sehari berpuasa dan dua hari berbuka sebagaimana yang di perintahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepadanya :

فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا فَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام وَهُوَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ فَقُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ فَقَالَ النَّبِيُّ
لَا أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

“Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu} berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu. ” (HR. Bukhari No : 1840)
Demikian pula dalam hadits riwayat Tirmidzi:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
أَفْضَلُ الصَّوْمِ صَوْمُ أَخِي دَاوُدَ كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Dari Abdullah bin Amru ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Puasa yang paling afdhal adalah puasa saudaraku Daud, beliau sehari berpuasa dan sehari berbuka. ” (HR. Tirmidzi No 701)

Jadi, jika seorang muslim, sudah mantap melakukan ibadahnya yang wajib dan merasa butuh menambah ibadahnya, maka ibadah ini bisa dijadikan suatu amalan terus menerus. Insya Allah, begitu banyak faedah yang akan diperoleh dari mengamalkan puasa ini. Dimana,  seperti ibadah puasa yang lain bahwa puasa ini juga untuk meningkatkan kesehatan para pengamalnya.

Disamping itu, Puasa Dawud juga memberikan lebih banyak faedah yang terkadang tidak bisa dinalar oleh akal sehat, seperti rezeki yang begitu banyak, panca indera yang semakin tajam, dan kelebihan yang lain seperti do’a yang mudah terkabulkan. Tapi, perlu diingat, jangan menjadikan itu sebagai niat berpuasa Dawud, niatkanlah hanya sebagai ibadah untuk Allah, dan mengenai faedah yang diterima itu dianggap sebagai bonus. Dan tetaplah ingat, bahwa ini hanyalah ibadah yang bersifat sunnah, jadi jangan melupakan ibdah yang bersifat wajib. Insya Allah.

Nah, berminat mencobanya dan mengamalkannya dalam hidup yang hanya sekali ini ?? Mari…dan selamat mencoba berpuasa Dawud, saudaraku…serta rasakan manfaatnya!! Wallahu a’lam.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: